Sekarang ini Game Moba yang masih eksis dan masih banyak orang memainkan adalah Mobile legend dengan segala fitur skin mobile legend murah, Salah satu Game bergenre Moba ini memang sedang banyak peminat nya. Tapi kamu sudah tau kan Moba itu apa da nasal usul nya dimana, sampai Game moba ini Seperti sekarang. Berikut penulis akan menjelaskan sejarah Game Moba yang harus kamu ketahui.

Penjelasan MOBA merupakan singkatan dari Multiplayer Online Battle Arena. Secara harafiah, dapat diartikan sebagai pertempuran dalam satu arena yang dilakukan oleh beberapa pemain secara Online, Jika memang terasa aneh memang wajar. Karena sekarang pun istilah MOBA masih diperdebatkan oleh beberapa gamers, Diamana mereka lebih memilih menggunakan istilah ARTS (action Real Time Strategy).

Mengenai perbedaan tersebiut akan bisa kita bahas sesudahnya, karena dengan membuka sejarah MOBA kita bisa membuka dan mngetahuinya.

Jika ditarik jauh kebelakang, sejarah game MOBA sebenarnya diprakasai dari Genre RTS (real time Strategy) yang menariknya telah dimulai sebelum tahun 90-an, salah satu leluhur dair game RTS sendiri adalah Herzog Zwei yang diluncurkan pada tahun 1989 untuk console sega. Jika dilihat permainan Herzog zwei sendiri memang memiliki beberapa elemen MOBA, di mana kita memainkan sbuah unit dan bertujuan menghancurkan markas musuh dibanyi beberapa unot yang dikontrol oleh AI (artificial Intelegence).


Berlanjut, perkembangan selanjutnya dari sejarah game MOBA terjadi Sembilan tahun setelah Herzog zwei, dimana game Future Cop LAPD dirilis untuk Sony playstation pada tahun 1998. Kelebihan game ini dibandingkan Herzog zwei adalah pengunaan map yang simetris, unit yang dikontrol memiliki berbagai kemampuan berbeda, juga kemampuan untuk mengumpulkan berbagai power ups dan objektif dari Map.

Di tahun yang sama, developer yang paling berjasa yaitu Blizzard meluncurkan salah satu gamer RTS paling populer, yaitu startcraft untuk PC, berbekal kemampuan untuk menciptakan Custom map, seseorang pemain bernama aeon64 menciptakan Aeon Of Stride yang pertama kalinya memperkenalkan tiga lane yang berbeda. Aeon Of Strife dianggap sebagai cikal bakal game MOBA modern yang kita kenal sekarang. Kepopulerannya itu berlanjut sampai dengan Game Moba yang saat itu bernama Warcraft II: reign of chaos pada tahun 2002, berbekal Warcraft II world editor, eul menciptakan custom map pertamam yang diberi nama Defenso Of the Ancient atau disingkat menjadi DOTA. Yang mengacu pada aeon of strife.

Kepopuleran DOTA saat itu menbuat banyak para moddde (pencipta para custom game dan map) membuat berbagai custom map warcarft II serupa. Barulah pada tahun 2003 seiring dengan rilisnya frozen throne , Seorang moder bernaman Meaian mencoba menggabungkan berbagai map DOTA yang ada dan memberinya nama DOTA yang pernah dibuat pada periode 2002. DOTA allstar meledak dan menjadi sangat populer pada saat itu, dan dikembangkan terus sehingga DOTA allstar dimainkan hampir satu juta orang tiap harinya.

Pada tahun 2008, Demigod dirilis yang merupakan salah satu pelopor stand alone DOTA. Yang membawa grafis yang lebih canggih dan juga mumpuni, namun demigod gagal karena pemain harus membayar untuk memainkan game tersebu.

Barulah pada tahun 2009 dalah seorang pengembang DOTA allstar menciptakan league of legends (lol) bersama Riot Games. Seorang itu bernama Guinsoo iya juga yang pertama kali menggunakan istilah MOBA dan mempopulerkannya sampai hari ini. Seperti masyarakat kita tahu “MOBA berarti merupakan game bergenre seperti DOTA” sampai saat ini.