Halo Dokter Rifan, saya mau tanya, berapakah nilai bilubirin normal pada bayi? Karena anak saya baru 3 hari, nilai bilubirinnya sudah 12.1 mg/dl. Apakah ini termasuk normal? Terima kasih atas jawaban Dokter Rifan. Yayat Muhayat – Purwakarta

Bapak Yayat Muhayat yang baik, nilai normal bilirubin pada bayi bervariasi bergantung kepada usia gestasi bayi, usia bayi, dan berat badan lahir bayi. Nilai bilirubin total sebesar 12,1 mg/dl pada bayi dengan berat badan 3 kg atau lebih adalah masih dalam batas normal. Terlebih bila bayi tetap aktif, menangis keras, tidak merintih, menyusu dengan baik, BAK dan BAB normal.

Tanda Masa Subur

Dear Dokter Judi, saya (26) sudah menikah selama 5 bulan, tapi belum juga hamil. Konon ovulasi dicirikan dengan keluarnya lendir bening seperti putih telur dari vagina, tapi saya tidak menemukan hal itu pada diri saya. Saya selalu keputihan setiap habis haid sampai haid lagi, ditandai cairan warna putih tidak bau, tidak gatal. Ketika saya periksakan pun tidak ada masalah/penyakit. Apa yang harus saya lakukan, ya, Dok? Mohon jawaban Dokter Judi. Terima kasih. Priska Susanto – Medan

Pasangan suami istri baru bisa menjadi hamil bila semua kondisi baik dan waktu sanggamanya pada masa subur atau sekitar masa subur. Dari segi kesehatan ada banyak hal yang harus dilakukan, misalnya menghentikan kebiasaan merokok atau meminum minuman beralkohol.

Lakukan pemeriksaan sperma untuk memastikan apakah normal atau ada kelainan yang dapat menurunkan kesempatan untuk proses pembuahan (fertilisasi). Bagi sang istri diperlukan pemeriksaan lebih banyak lagi, mulai riwayat kesehatan, riwayat haid, pemeriksaan ­ sik umum, pemeriksaan organ kandungan, analisis hormon wanita, USG transvaginal, hingga pemeriksaan canggih yang berkaitan dengan bantuan teknologi kesuburan.

Di Medan, Ibu dapat mengunjungi dokter kandungan di Divisi Endokrinologi Reproduksi RS Pirngadi atau RS Adam Malik/FK USU untuk pemeriksaan dan perencanaan program hamil. Selain itu, lakukan juga gaya hidup yang sehat, misalnya olahraga teratur, berhenti memakan junk-food, cegah obesitas, jangan begadang dan banyak berdoa agar dapat diberi kesempatan untuk memperoleh keturunan. Terima kasih atas pertanyaannya.

Simak juga informasi mengenai gaya hidup sehat berkeluarga agar semua anggota keluarga tetap sehat dan terhindar dari penyakit.