Sore itu Mama dan Bagas bertamu ke tetangga sebelah rumah. Tiba-tiba putranya yang berusia 3,5 tahun itu berteriak keras. “Astaga Bagas, kenapa?” tanya mamanya. Bagas menunjuk ke burung yang ada di dalam sangkar. Bagi Mama, burung itu tampak cantik dan lucu, tapi Bagas justru tak menyukai. “Takut Ma…” katanya. Munculnya rasa takut pada si prasekolah sangat wajar dan alami. Di usia ini anak masih belajar memahami kondisi lingkungannya. Ketika melihat kucing, ayam, anjing, atau burung, misalnya, ia akan mempelajari apakah binatang binatang tersebut berbahaya, bisa menyakitinya atau tidak.

Pengamatannya itu berusaha ia simpulkan sendiri untuk menentukan sikap berikutnya. Jika dirasa aman, ia tidak perlu takut. Begitu sebaliknya. Rasa takut (pada hewan) ini justru menunjukkan bahwa si prasekolah mampu melakukan proses berpikir sederhana dan dapat menjadi tanda bahwa instingnya berkembang dengan baik. Lagi pula, setiap orang, tak terkecuali si prasekolah, perlu memiliki rasa takut sebagai salah satu sistem pertahanan diri.

Anak yang melihat anjing yang menggonggong dan terus meneteskan liur lalu merasa takut, ini justru baik. Sebab ketakutannya ini bisa menghindari anak dari gigitan anjing yang mungkin mengidap rabies. Tanpa ada rasa takut, anak akan menghampiri anjing yang mungkin akan membahayakannya itu. Ketakutan yang masih dianggap wajar biasanya akan hilang seiring kemampuan anak dalam memahami situasi.

Penjelasan kita, bahwa hewan yang ditemuinya tidak berbahaya pun bisa cepat melenyapkan ketakutannya. Berikan contoh cara aman mend ekati hewan. “Kakak enggak perlu takut kucing ini, lihat nih Mama menggendongnya. Pus…. pus… sini !” misalnya. Kenyamanan kita saat membelai dan bermain dengan kucing bisa membuat ketakutannya berkurang.

BILA ALAMI TRAUMA

Namun terkadang ketakutan yang wajar bisa berubah menjadi trauma lantaran anak mengalami peristiwa yang tak menyenangkan. Sewaktu bermain dengan kucing, umpamanya, tiba-tiba ia dicakar. Beberapa anak mungkin hanya butuh sedikit waktu untuk melupakan kejadian pahit tersebut.

Berikan anak les bahasa juga sebagai bekal nantinya untuk masa depan. bimbingan les bahasa inggris online merupakan pilihan yang tepat untuk orangtua.