Ini Alasan Mengapa Marah Bisa Menyebabkan Sakit Kepala

Rabu, 08 Mei 2019

Hampir semua orang sempat merasakan sakit kepala ketika sedang marah, ternyata kemarahan terbukti bisa memberbagi efek kurang baik bagi tubuh semacam sakit kepala. Kemarahan yang terjadi selagi berbagai detik bisa memicu tekanan dengan cara psikis dan fisik, hormon yang meluap melewati sirkulasi darah membikin otot yang lentur menjadi tegang dan pikiran bekerja keras menjadi lebih keras dari biasanya. Jadi kombinasi dari perbuatan yang tidak diharapkan ini bisa memicu sakit kepala dampak marah yang tidak kalah sakit dibandingkan dengan tipe kepala lain.

Ini Alasan Mengapa Marah Bisa Menyebabkan Sakit Kepala

Jenis-jenis Sakit Kepala Dampak Marah

1. Migrain
Migrain (sakit kepala sebelah) yang memicu dampak marah umumnya lebih sakit daripada sakit kepala sebab adanya penegangan syaraf dan otot leher. Tidak hanya itu, biasanya disertai dengan rasa berdenyut yang lumayan parah. Tidak semacam sakit kepala dampak tegang, migrain lumayan mengganggu aktivitas keseharian kamu dan gejala lain yang mungkin kamu rasakan semacam rasa mual muntah, dan pengamatan kabur.

2. Sakit kepala dengan syaraf dan otot tegang
Secara umum sakit kepala ketika marah terasa tegang yang ditandai dengan rasa yang menusuk dan tegangan otot didaerah leher. Kepekaan kepada cahaya dan suara kadang menyebabkan bertambahnya sakit yang dirasakan. Pada umumnya, sakit kepala ini cenderung ringan dan tidak melemahkan penderitanya.

Alasan mengapa marah bisa menyebabkan sakit kepala?

Sebetulnya kemarahan bukan pemicu langsung dari sakit kepala tetapi pemicu sekunder sebab kondisi tubuh ketika sedang marah semacam orang yang mengepalkan tangan dan merekatkan giginya bakal lebih mengalami sakit kepala. Tekanan pada otot-otot wajah bisa menyebabkan mekanisme fight or flight yang memicu adanya pelepasan hormon adrenalin dan cortisol.

Ada tahap otak yang pertama merespon saat marah berjalan yaitu amigdala yang ada dalam lobus temporal otak, amigdala mengendalikan respon alamiah kepada ketakutan, emosi, ancaman, dan stress.

Efek dari marah berlanjut pada kelenjar adrenal yang bakal memproduksi hormon adrenalin dan hormon stress, dan cortisol. Kondisi tersebut memberi pasokan energi tambahan dan ketakutan yang beres darah yang sewajibnya mengalir keperut dan usus bakal merubah haluan kearah otot sebagai tanda bahwa kamu siap untuk meperbuat perlawanan.

Saat marah berjalan, tekanan darah dan subuh tubuh bakal meningkat, nafas, dan jantung lebih cepat berpacu, dan mulai membesar pupil mata. Efek dari pelepasan hormon adrenalin dan cortisol ini memicu penyempitan pembuluh darah sebab tidak lebih asupan oksigen dan nutrisi keotak yang akhirnya memicu kamu mengalami sakit kepala saat sedang marah berjalan.

Cara Meredakan Sakit Kepala Ketika Sedang Marah

  • Kontrol emosi dan tidak lebihi penyebab kemarahan dengan meperbuat latiha pernafasan dengan tutorial menghela nafas dalam dalam melewati hidung dan lepaskan perlahan lewat mulut, ulangilah sampai kamu merasa lebih tenang.
  • Terapkan gaya nasib sehat semacam rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat yang bisa menolong mengurangi sakit kepala dan manjakan diri kamu dengan meperbuat aktivitas relaxsasi semacam yoga dan pijat sanggup menolong untuk melemaskan otot otot tegang dan mengurangi kemarahan.

Selain tutorial berbagai diatas, kamu juga butuh mengenal berbagai tutorial lain untuk mengontrol kemarahan semacam :

1. Perbuatlah aktivitas fisik
Meperbuat aktivitas fisik bisa menolong mengurangi tekanan yang dipicu oleh kemarahan. Apabila hari itu kamu marah mulai memuncak maka coba bangun dari tempat duduk dan berjalan sejenak untuk meluangkan waktu dengan meperbuat aktivitas fisik yang menyenangkan.

2. Jangan menyimpan dendam
Memaafkan menjadi tutorial ampuh untuk atasi marah. Apabila kamu membiarkan kemarahan dan perasaan negatif maka tubuh bakal mendapat efek kurang baik tetapi apabila kamu memaafkan seorang penyebab kamu marah, maka kamu bakal terhindar dari siksaan sakit kepala yang mungkin menyerang.

3. Berfikir sebelum berbicara
Ketika sedang marah seorang bisa berbuat apa saja tergolong berkata yang kasar dan menyakitkan orang dikurang lebih anda. Sebaiknya kamu diam sejenak dan pikirkan kata kata yang ingin diucapkan.

4. Gunakan kata AKU dalam setiap pernyataan
Meskipun kamu sedang marah tetapi usahakan hindari kritik alias menyalahkan orang lain sebab bakal meningkatkan ketegangan.

Kemarahan terbukti susah diprediksi , datang begitu saja saat ada faktor yang tidak sesuai dengan kita, tetapi kami wajib bisa mengontrol emosi supaya terhindar dari sakit kepala dampak marah.
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. psdgroupph.com.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License