Apakah Anda tengah berniat melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi? Melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi seperti pascasarjana atau doktoral mungkin bisa menjadi pilihan terbaik sesuai dengan passion atau cita-cita Anda di masa depan. Namun, memutuskan bersekolah lagi bukan cuma membutuhkan kesiapan mental supaya pilihan bersekolah tersebut bisa dijalankan serius. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan apabila berencana bersekolah lagi. Mari melihat bersama apa saja hal – hal tersebut:

Kesiapan Waktu
Apabila saat ini Anda sedang aktif di sebuah perusahaan, maka memutuskan bersekolah lagi berarti bakal menuntut manajemen waktu yang baik. Bagaimanapun, perusahaan tempat Anda bekerja tidak ingin kinerja atau performa Anda menurun karena kesibukan kuliah. Di saat yang sama, demi memenuhi tuntutan sekolah supaya tercapai kualitas pendidikan terbaik, Anda tentu harus meluangkan waktu khusus untuk menghadiri kelas, mengerjakan tugas, dan lain sebagainya. Jadi, sebelum memutuskan bersekolah lagi, menimbang kesiapan waktu sangatlah penting. Dan jangan lupa komunikasikan dengan berbagai pihak; keluarga anda, perusahaan anda, dan juga sekolah tempat anda belajar.

Kesiapan Finansial
Pendidikan pascasarjana membutuhkan biaya tidak sedikit. Biaya sekolah juga termasuk biaya pengerjaan tugas, biaya seminar dan lain sebagainya. Dan apabila berkuliah di luar kota atau luar negeri, Anda juga perlu menghitung biaya hidup. Program beasiswa dapat menjadi salah satu solusi anda. Dengan begitu, Anda cukup fokus pada biaya hidup dan biaya lain di luar sekolah. Selain itu, anda juga dapat mengerjakan pekerjaan yang tidak terlalu menyita waktu, semisal freelance writer, social media strategist, atau guru les.finansial keluarga menjadi berat bahkan berantakan.

Kesiapan Prospek Karir
Beberapa orang langsung bekerja begitu menyelesaikan pendidikan tinggi atau sarjana. Bila Anda memutuskan sebaliknya yakni memilih melanjutkan sekolah, pastikan Anda sudah mempertimbangkan prospek karir ke depan. Beberapa profesi memang menuntut tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Namun, tidak semua profesi membutuhkannya. Ada kalanya pendidikan yang tinggi justru membuat anda dinilai overkualifikasi. Maka itu, akan lebih baik apabila Anda sudah terlebih dulu mengantongi rencana strategi karir ke depan dengan pendidikan pascasarjana di tangan.

Tips Memilih Universitas Pasca Sarjana

Hati-hati dalam memilih kampus untuk melanjutkan pendidikan pasca sarjana, sebab bila salah memilih bisa-bisa anda malah hanya menghamburkan uang saja. Pertama yang harus anda perhatikan adalah kampus tersebut memiliki jurusan yang sesuai keingnan anda, hal ini berkaitan dengan karir anda di masa mendatang. Bila anda memilih jurusan yang sesuai dengan keinginan, menjalani kuliah rasanya jauh lebih mudah.

Kemudian pilih juga universitas yang mempunyai mesin genset besar. Sudah seharusnya universitas memiliki genset, karena hal ini sangat menunjang dalam proses mengajar. Rasanya sangat tidak etis bila proses mengajar harus berhenti di tengah jalan akibat dari listrik yang sedang di padamkan PLN.

Sebuah universitas yang bagus pastinya mempunyai fasilitas pendukung seperti genset, terlebih lagi harga genset 20 kva di palembang bagi universitas harganya termasuk tidak mahal dan sangat sebanding dengan manfaat yang didapat bila menggunakanya.