Apa sih sepeda listrik? Sepeda listrik sebenarnya seperti sepeda biasa tapi bisa menggunakan tenaga listrik untuk menggerakannya. Harga sepeda listrik lumayan terjangkau dan meski ditenagai baterai, kecepatannya lumayanlah buat ukuran sepeda. Namun, jika Anda memiliki sepeda listrik, ada hal-hal yang harus Anda lakukan untuk merawatnya agar tetap awet. Lagian, jika Anda merawatnya, Anda akan menghemat uang dan tidak membeli yang baru dari waktu ke waktu.Bahkan, jika Anda melakukan perawatan sepeda sendiri, Anda bisa menghemat lebih lagi karena tidak harus membayar montir ketika harus servis.

sepeda listrik

Dengan merawat sepeda sebaik mungkin, kondisi sepeda akan selalu dalam keadaan prima. Tentunya, dalam hal perawatan, sepeda listrik tidak sama dengan sepeda konvensional. Meski bisa anda servis di toko sepeda elektrik, kami sarankan untuk mencoba melakukannya sendiri. Berikut adalah tips yang sudah kami rangkum dalam hal perawatan sepeda listrik.

Baterai Sepeda Listrik

Sepeda listrik mengambil tenaganya dari baterai. oleh karena itu, baterai merupakan komponen penting. Jadi, Sudah seharusnya untuk merawatnya dengan baik. Pertama, Ada baiknya anda tahu ketika tenaga di dalam baterai sudah benar-benar habis, ini akan berdampak pada masa pakai baterai itu sendiri jika terjadi terlalu sering. Nah, artinya jangan sampai kamu menghabiskan seluruh tenaga yang ada di dalam baterai, tapi sisakan sedikit sebelum mencasnya kembali. Selanjutnya, jangan membiarkan baterai dalam keadaan dicas sepanjang malam. Membiarkan baterai dicas semalaman akan merusak baterai sepeda Anda. Ketiga, kami sarankan untuk selalu menjaga baterai dalam keadaan terlindung dari hujan, salju, atau benda cair lainnya. Jika komponennya terkena air, maka usia pakainya akan jauh lebih pendek.

Membersihkan Sepeda

Kalo anda membiarkan kotoran menumpuk di sepeda, ujung-ujungnya anda harus keluar duit untuk perbaikan yang seharusnya bisa dihindari. Nah, supaya nyaman dan enak dipakai, selalu bersihkan sepeda beberapa kali seminggu. Pada saat sepeda sedang dicuci, singkirkan kotoran dan debu, pasir-pasir, dan juga lumpur yang lengket di bodi sepeda. O iya, jangan lupa lumasi rantai sepeda, tuas, kabel dan komponen lainnya. Apabila semua itu anda lakukan, Anda akan bisa memacu sepeda listrik tanpa suara-suara aneh akibat gesekan komponen tertentu. So , selalu bersihkan sepeda secara berkala dan melumasi bagian yang perlu dilumasi secara teratur.

Tempat Meletakan Sepeda

Jangan biarkan sepeda listrik anda terpapar hujan dan debu, tapi simpan sepeda anda di tempat yang sejuk dan kering. Ingat, jaga baterai dari cipratan air supaya tidak cepat rusak.

Baca Manual Sepeda Listrik

Ketika membeli sepeda baru, biasanya anda juga akan mendapatkan buku manual. Nah , di dalam manual, Anda akan menemukan cara-cara merawat sepeda sesuai standar yang sudah ditentukan dari pabrikan. Dengan begitu, segala hal bahkan yang terperinci sekalipun bisa anda ketahui dan pelajari melalui buku manual. jadi ketika terjadi sesuatu, anda bisa mengantisipasinya dengan baik..

Itulah yang bisa kami sampaikan. jaga sepedamu dengan baik dengan mengaplikasikan tips di atas.