Taukah kamu bahwa belum lama ini sempat ramai berita bahwa Pemda DKI telah mengimpor tempat sampah atau tong sampah stainless dari Negara Jerman dengan nilai total kurang lebih 9,6 Miliar.

Meskipun dana segitu pasti sudah diperhitungkan dengan matang, pasti bagi kita yang awam soal duit bermiliaran akan menganggap uang segitu terlalu banyak hanya untuk membeli tempat sampah.

Tapi tentu pemda DKI juga punya alasan tersendiri kenapa harus membeli tempat sampah dengan anggaran yang besar seperti itu. Apalagi kita tau sendiri bahwa Jakarta itu adalah kota yang memiliki permasalahan yang sangat serius dengan yang namanya sampah.

Berikut ini adalah 5 alasannya :

  1. Tempat sampah yang dibeli lewat E-catalog ini dikabarkan berstandar Internasional

Tong sampah merek Weber yang diproduksi di Jerman ini dikabarkan memiliki standar Internasional. Dan menjadi satu – satunya tong sampah berstandar Internasional yang ada di E-catalog LKPP. Dan kebetulan di Indonesia sendiri belum ada produsen tong sampah dengan kualitas standar Internasional.

  • Tong sampah ini bisa berpasangan dengan truck compactor yang sudah dibeli lebih dulu.

Nah tong sampah ini memang sebetulnya satu paket dengan truck compactor yang lebih dulu dibeli saat tahun 2016 silam. Dan dengan begitu akan semakin mempermudah petugas kebersihan untuk mengangkut tong sampahnya ke dalam truk ini.

  • Pengelolaan jadi mirip luar negeri

Dengan adanya pembelian alat mobil truk compactor dan juga tong sampah standar Internasional, maka Pemda DKI telah berhasil memodernisasi beberapa alat kebersihan di Jakarta. Sehingga lebih efisien dalam mengangkut sampah dari satu tempat ke tempat lainnya.

  • Sebetulnya ini harga sudah termasuk murah

Taukah kamu bahwa sebetulnya untuk tong sampah dengan kualitas Internasional, harga segitu termasuk harga yang murah. Karena ada beberapa merek lain yang justru harga untuk tong sampah kapasitas 660 liter tersebut lebih mahal.

  • Spesifikasi bagus juga jadi alasan tong sampah Weber ini dibeli.

Ya, tong sampah Weber ini memang memiliki spesifikasi yang sangat bagus dan juga lengkap. Sehingga nantinya diharapkan tong sampah ini bisa digunakan dalam jangak waktu yang lama.

Nah itu adalah beberapa alasan kenapa Pemda DKI sampai berani menggelontorkan dana yang tidak sedikit hanya untuk membeli tong sampah dengan kualitas Internasional.