Cara Sehat dan Aman Konsumsi Daging saat Idul Adha

Rabu, 12 Februari 2020

Cocok pada kali ini, Jumat, 1 September 2017, seluruh umat islam memperingati Hari Raya Idul Adha alias haru raya kurban. Hari raya Idul Adha ini sangat identik dengan sapi alias kambing yang disembelih sesaat seusai mealksakan ibadah shalat ied.

Penyembelihan dan pemecahan fauna kurban adalah salah satu tradisi yang tak jarang diperbuat pada hari raya kurban. Hampir semua orang bisa merasakan nikmatnya daging sapi alias kambing. Tetapi, Kamu butuh berhati-hati, jangan hingga kami mengonsumsi daging kurban dengan cara berlebihan. Sebab ini bisa memunculkan akibat pada kesehatan tubuh.

Cara Sehat dan Aman Konsumsi Daging saat Idul Adha

Semacam yang sudah diketahui, daging mengandung zat gizi, khususnya protein dan lemak hewani. Kedua zat ini adalah zat gizi yang penting dan diperlukan oleh tubuh. Dengan cara umum, protein diperlukan pada masa pertumbuhan sebagai zat pembangun, sedangkan pada orang dewasa protein diperlukan untuk menjaga keutuhan tubuh dan mengganti sel-sel yang mengalami kerusakan dan berperan penting untuk proses penyembuhan.

Lemak berperan sebagai sumber energi dan asam lemak esensial yang berperan untuk pembentukan membran sel-sel tubuh dan juga lemak diperlukan untuk pembentukan steroid dan hormon. Lemak juga berperan sebagai bumper untuk organ-organ dalam tubuh.

Kandungan lemak dan protein ini terbukti diperlukan oleh tubuh untuk menunjang aktivitas sehari-sehari supaya sel-sel tubuh tetap bisa dipertahankan manfaatnya dalam proses pertumbuhan dan menjaga keutuhan tubuh.

Tetapi, apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih, justru bisa memunculkan bahaya bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi daging dengan cara berlebihan bisa memicu timbulnya beberapa penyakit, semacam gangguan pencernaan, semacam GERD, sakit maag, sulit buang air besar, alias ambeien. Maka dari itu, kami wajib membatasi konsumsi daging kurban saat Idul Adha.

Supaya kesehatan tubuh tetap terjaga meskipun mengonsumsi daging, teardapat beberapa tutorial sehat dan aman konsumsi daging saat Idul Adha yang bisa diperbuat.

Langkah awal, kami wajib mengenal kondisi kesehatan tubuh. Apabila dalam kondisi sehat, maka kami bisa mengonsumsi semua tahap fauna kurban. Tetapi, apabila kondisi tubuh tak sehat, Kamu tetap bisa mengonsumsi daging, tetapi pilihlah daging dengan kandungan lemak yang rendah.

Menurut seorang dokter, dr Sri Mulyani, disarankan untuk tak mengonsumsi daging sebelum tidur. Faktor ini dikarenakan sebab bisa menyebabkan nilai tidur menurun. Tidak hanya itu, organ pencernaan yang sewajibnya beristirahat wajib bekerja keras mencerna daging yang dikonsumsi. Sebaiknya konsumsi daging 2-3 jam sebelum tidur.

Untuk menghindari konstipasi alias sembelit, Kamu juga wajib tak sedikit mengonsumsi air putih untuk menolong mendorong sisa makanan.

Selanjutnya disarankan untuk memilih menu daging yang tak pedas supaya sistem pencernaan tak terganggu. Pastikan pula untuk menghapus semua lemak pada daging yang bakal diolah alias dikonsumsi sebab bisa berakibat kurang baik bagi kesehatan.

Dan yang terpenting, imbangi menu daging Kamu dengan sayuran semacam tomat dan bawang putih, bombay, dan merah untuk menolong mengurangi efek samping dari konsumsi daging dengan cara berlebihan.

Itulah beberapa tutorial sehat dan aman konsumsi daging saat Idul Adha yang bisa diperbuat. Semoga dengan meperbuat tutorial tersebut, kami tetap bisa menikmati daging kurban dan kesehatan tubuh pun tetap terjaga. Semoga berguna.
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. psdgroupph.com.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License