Syarat Peminjam Dana Pada Peer to Peer Lending

Kamis, 19 Maret 2020


Siapa sangka semakin kesini ada banyak perubahan teknologi yang membawa kita pada beragam kemudahan. Mulai dari mengorder makanan secara online, konsultasi dengan dokter sampai urusan yang menyangkut dengan uang seperti perbankan atau pendanaan lainnya dapat dilakukan secara online. Salah satu yang banyak diminati adalah Peer to Peer Lending.

Mungkin Anda belum mengetahui apa yang dimaksud dengan P2P Lending. P2P Lending atau Peer to Peer Lending adalah sebuah sistem pendanaan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan mempertemukan peminjam dengan pihak yang bersedia melakukan pendanaan atau dalam hal ini disebut dengan pendana. Semua ini dilakukan secara online.

Syarat Peminjam Dana Pada Peer to Peer Lending

Persyaratan Peminjam Dana Pada P2P Lending
Pihak Peer to Peer Lending tidak semata-mata memberikan pinjaman pada semua orang yang sedang membutuhkan dana misalnya untuk mengembangkan usaha atau membuat usaha baru. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi peminjam dana sehingga proses P2P Lending dapat berjalan dengan lancar. Berikut adalah beberapa persyaratan peminjam dana pada P2P Lending.

  1. Warga Negara Indonesia
Syarat pertama bila menjadi peminjam dana adalah Anda harus merupakan seorang Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan surat identitas yang menyebutkan Anda adalah seorang WNI seperti kartu tanda penduduk (KTP). Hal ini tentu agar proses peminjaman berjalan dengan lancar tanpa ada kendala dalam hal identitas peminjam maupun pendana.


  1. Menyediakan Dokumen
Syarat selanjutnya dalam proses peminjaman adalah menyediakan berbagai dokumen penting yang dibutuhkan dalam proses peminjaman ini. Salah satunya dokumen pribadi seperti KTP, KK, Surat Keterangan Menikah atau akta pernikahan, alamat lengkap serta nomor telepon. Selain itu, peminjam dana juga harus menyediakan aset sebagai bentuk jaminan pada perusahaan P2P Lending ini.


  1. Usia Minimal dan Maksimal
Sebagai peminjam dana, Anda harus memenuhi batas minimal maupun maksimal dari ketentuan usia peminjam dana. Pada umumnya usia minimal yang dapat melakukan pinjaman dana adalah 21 tahun sedangkan untuk batas maksimalnya yakni 65 tahun. Usia 65 tahun dipilih sebagai batas maksimal agar peminjam dana masih dapat mengembalikan dana sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.


  1. Status Peminjam
Ada dua hal yang harus diperhatikan dalam status peminjam dana yaitu pihak peminjam telah berstatus menikah dan juga memiliki penghasilan sendiri. Penghasilan dari peminjam ini bertujuan agar peminjam dapat membayarkan pinjamannya secara rutin setiap bulan berdasarkan perjanjian yang telah disetujui oleh perusahaan P2P Lending dan kedua belah pihak.

Sebagai peminjam dana, Anda tentu harus dapat membayarkan pinjaman setiap bulannya dengan tepat waktu dan juga memanfaatkan pinjaman yang telah diberikan untuk hal yang berguna seperti membangun usaha maupun mengembangkan usaha yang telah Anda jalani. Tak hanya itu, pinjaman P2P Lending ini diharapkan menjadi motivasi bagi peminjam untuk mengasah kreativitas dalam usahanya. Itu tadi ulasan singkat mengenai peer to peer lending, semoga bermanfaat 😊
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. psdgroupph.com.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License