DARI JAUH, rumah yang terletak di kawasan perumahan ini tampak menonjol. Bukan karena menjulang megah yang membuatnya berbeda dari rumahrumah sekitarnya. Bangunan rumah ini nyaris sama seperti rumah aslinya sebelum renovasi. Atapnya yang betulbetul berwarna hijaulah yang mencuri perhatian. Atap rumah ini dijalari tanaman markisa alias Passiflora sp. dari mulai atap carport sampai seluruh atap rumah. Sebagai seorang arsitek, Andy Rahman, pemilik rumah ini, memang ingin membuat sesuatu yang unik pada huniannya. Namun, keunikan ini ingin diterapkannya secara simpel dan modern, dan yang lebih penting: tepat guna.

Tanaman markisa dipilih karena mudah tumbuh di wilayah tropis. Sifat tumbuh tanaman ini cukup ekspansif sehingga dapat menutup sempurna ke seluruh bagian atap. Dengan tertutup dedaunan, atap seolah memiliki perisai terhadap panas matahari. “Secara sadar, tanaman markisa ini dimanfaatkan sebagai climate modifier, karena genting sebagai penutup atap menjadi lebih dingin karena tidak terpapar langsung oleh panas matahari,” terang Andy. Otomatis, suhu ruang-ruang di bahwa atap menjadi lebih sejuk. Menghijaukan atap hanya salah satu bagian dari perwujudan konsep yang diterapkan Andy pada rumah ini. Karakter rumah ingin ia tampilkan juga melalui permainan material yang perpaduannya dipikirkannya masak-masak. Detail-detail pada bangunan dikerjakan secara serius sehingga mampu menciptakan harmoni. Permainan material terdapat pada fasad, terutama pagar, sebagai representasi tampilan keseluruhan rumah.

Untuk menghindari kesan monoton, pagar tidak dibuat sama seluruhnya. Pagar di rumah ini dibagi menjadi 3 bagian yang masing-masing memiliki tampilan berbeda. Pertama, sebagai jalan masuk kendaraan, pagar ke arah carport dibuat dari susunan horizontal besi siku. Di sebelahnya, pagar masuk untuk orang, masih menggunakan material yang sama, hanya memiliki kerapatan yang berbeda. Bagian ketiga dari pagar yang masif merupakan pagar bronjong, yang terbuat dari rangka besi diisi pecahan batu alam. Pagar bronjong selebar 1,6 m ini tidak dibiarkan polos. Agar tidak berkesan berat, pagar bronjong ini diberi sela dari pelat setrip, yang dapat meneruskan sedikit pandangan dari dan ke dalam halaman.

Agar lebih nyaman, pemilik menambahkan genset di rumahnya. Genset berfungsi sebagai sumber listrik cadangan bila listrik padam, baik karena ada pemeliharaan oleh PLN, maupun karena adanya gangguan cuaca. Genset yang dibeli dari Distributor jual genset surabaya ini bergaransi resmi 1 tahun dan harganya pun terjangkau