Test Speaker Stereo – Tannoy Revolution XT 6

Akusaraprosound – Ketika pabrikan hi-fi menemukan kembali salah satu serinya yang paling sukses, kami juga turut bersemangat. Seri Revolution XT dari Tannoy dibebani dengan harapan tinggi di baliknya. Seri Revolution pertama memenangkan banyak Award, jadi wajar kalau kami mengharapkan hal-hal yang sangat bagus dari serinya yang berdesain baru ini. Standmounter XT 6 menjadi model pertama yang kami uji. Antusias bermain Ketika memainkan soundtrack The Imitation Game, XT 6 mengalirkan nadanada piano yang lancar dan senar-senar yang melambung dengan sigap. Speaker ini tangkas dan cepat.

Diberi track Nine Inch Nails yang kental synth ataupun vokal unik Björk yang eksotis, XT 6 akan senang hati mengantarkan setiap not dengan tepat dan menyerang. Tannoy mengantarkan busur suara yang luas, dengan banyak ruang untuk setiap elemen bernafas. Detailnya renyah dan halus, dengan midrange terdengar lancar dan ekspresif. Tapi kami menginginkan bobot dan tenaga lebih dari suara XT 6. XT 6 memiliki presentasi yang ramping, cocok untuk ketangkasan dan ketepatan tempo yang sempurna, tapi kurang cocok untuk lapisan detail yang kaya dan bertekstur. Irama bass pada Wildfire dari Sbtrkt tak pernah lepas, tapi tidak menderu dan bertekstur seperti seharusnya.

Ketukan drum yang memukul-mukul pada Killing Strangers-nya Marilyn Manson tidak memiliki tenaga yang dibutuhkan untuk efek yang memuaskan. B&W 685 S2 memiliki kekuatan dan bobot yang layak untuk menunjukkan bagaimana mestinya menangani track tersebut. Kami sarankan untuk meletakkan speaker Tannoy dekat dengan dinding, karena bisa meningkatkan kemantapan dan kekuatan pada suaranya. Hindari juga memasangkan speaker ini dengan perangkat yang bersuara melengking. Elegan dan fungsional XT 6 terlihat cerdas. Kabinet kotaknya tetap kokoh dan apik. ‘XT’ pada namanya singkatan dari ‘Extra Technology’, yang merefleksikan perubahan pada seri barunya. Pertama, driver Dual Concentric khas tannoy telah didesain ulang untuk memperbaiki integrasi antara tweeter dan midbass driver, tapi perubahan yang lebih kentara tampak pada penambahan alas permanennya.

Terdapat downward firing port yang keluar ke celah di antara bagian bawah kabinet dan alas, yang efektif ketika XT 6 diletakkan di atas meja atau di rakbuku. Tapi, idealnya speaker ini diletakkan di atas stand, dan pada konteks ini Tannoy terlihat janggal. Suara menarik Tannoy ini bisa dipastikan layak dipertimbangkan. Presentasinya yang lancar dan ringan, serta detailnya yang renyah cukup menarik. Kami hanya berharap ada tenaga dan kekayaan pada suara yang diproduksinya.