Selain nila dan lele, budidaya ikan mas juga merupakan salah satu ikan yang populer di kembangbiakan. Ikan ini juga banyak di minati masyarakat. Untuk membudidayakannya anda bisa menggunakan akuarium di dalam rumah atau kolam di luar.

Tetapi memilih budidaya ikan mas di kolam beton adalah pilihan terbaik. Karena luar ruangan adalah habitat alami mereka ikan memiliki lebih banyak ruang, oksigen dan tanaman untuk membiarkan telur mereka hidup.

Berikut ini langkah demi langkah yang perlu Anda lakukan untuk memberikan kondisi ideal pada ikan mas demi berkembang biak dengan sukses. Perhatikan tips ini dengan baik agar memberikan hasil yang optimal untuk usaha Anda.

Bagaimana Mengawinkan Ikan Mas?

Mengawinkan ikan mas tidak sesederhana yang dipikirkan. Satu-satunya cara untuk mengkawinkan ikan mas adalah ketika mereka pada musim kawin. Anda harus tahu berapa banyak jantan dan betina yang Anda miliki sebelum mulai membiakkan ikan mas. Berikut perbedaannya:

Betina :

  • Perutnya besar atau bengkak
  • Ketika Anda melihatnya dari atas akan mudah di lihat karena tubuhnya lebih bulat. )
  • Ketika dia siap untuk bertelur,perut menjadi menonjol

Jantan:

  • Pada insang dan sirip dada memiliki pembibitan tuberkel atau “bintang” putih
  • Lubang angin terbuka lebih lama ketika akan bertelurketika dia siap untuk bertelur, lubang angin menjadi lebih terbuka dan lebih lama

Tak hanya manusia yang mengejar cinta, ikan mas jantan juga akan mengejar pasangannya tanpa henti. Ikan mas memiliki sifat gigih dan tidak mudah menyerah. Tenang saja perilaku ini normal. Mereka akan lebih agresif lagi ketika jangan menyentuh daerah perut betina dan mendorongnya. Inilah fase dimana ikan mas jangan melepaskan telur mereka ke induk betina. Betina dapat bertelur hingga 1000 telur, meskipun hanya sebagian kecil saja yang dibuahi dan tumbuh menjadi bibit ikan mas yang sehat.

Demikianlah informasi tentang cara membudidayakan ikan mas terutama untuk Anda yang ingin menjalankan usaha ini. Semoga ulasan singkat tentang panduan sukses budidaya ikan mas di kolam beton ini memberikann inspirasi dan bermanfaat untuk Anda.