Ikan bawal air tawar merupakan salah satu jenis ikan yang sedang diminati karena memiliki rasa yang enak. Seiring permintaan masyarakat yang meningkat, maka semakin tinggi pula kesempatan untuk beternak ikan bawal air tawar. Oleh karena itu, berikut beberapa tips budidaya ikan bawal yang perlu diperhatikan :

1.Menyiapkan kolam terpal untuk budidaya ikan bawal

Cara budidaya ikan bawal di kolam terpal memang terbilang ekonomis dan mudah bagi para pembudidaya. Akan tetapi budidaya ikan bawal di kolam terpal ini juga memiliki kelemahan diantaranya yaitu plastik terpal rawan bocor. Selain itu, juga perlu diwaspadai adanya pembusukan sisa-sisa makanan di dasar kolam terpal.

2.Proses pemeliharaan ikan bawal di kolam terpal

Kondisi kolam terpal yang berbeda dengan kondisi kolam tanah atau kolam permanen membutuhkan teknik budidaya tersendiri dalam pemeliharaan ikan bawal. Dalam pemilihan bibit ikan bawal, pilihlah yang berukuran 5-8 cm atau 8-12 cm untuk dibesarkan.

Untuk langkah awal pembenihan ini haruslah memperhatikan waktu adaptasinya. Minimal bibit bawal diberikan waktu adaptasi selama 3 hari. Setelah itu, bibit bawal baru dapat dipindahkan ke kolam terpal. Penebaran bibit bawal ini dihitung sebanyak 100-150 ekor per meter persegi dengan kedalaman antara 30-40 cm. Hal ini bertujuan agar dalam satu kolam tidak melebihi kapasitas daya tampungnya. Kolam terpal memang harus cocok untuk daerah yang sempit dan terbatas, akan tetapi kepadatan ikan perlu diperhitungkan pula.

Salah satu kekurangan menggunakan kolam terpal yaitu dapat menghambat sirkulasi air bersih dan juga oksigen dalam air. Peternak ikan bawal harus menyiapkan filter khusus untuk mengalirkan air bersih ke dalam kolam ikan. Hal ini harus rutin dilaksanakan agar ikan-ikan tidak mati kekurangan oksigen.

3.Pemberian pakan ikan bawal

Pada pekan pertama, bibit bawal diberi pakan pelet yang sudah dihancurkan menjadi tepung sebanyak 750 gram untuk 100.000 bibit bawal. Pekan kedua jumlah pakan yang diberikan meningkat menjadi 1.000 gram untuk 100.000 bibit bawal. Untuk pekan-pekan selanjutnya, pemberian pakan dapat ditingkatkan jumlahnya sesuai denganbesar ikan bawal.

Untuk budidaya ikan yg optimal, pakan diberikan 4 kali dalam sehari. Lokasi dan waktu pemberian pakan juga perlu diperhatikan supaya ikan bisa mengingat tempat pemberian pakan. Selain itu, supaya lebih efisien dalam hal jumlah pakan yang diberikan ke bibit bawal. Dengan pemeliharaan yang cermat dan tepat di kolam terpal, bibit ikan bawal sudah dapat dipanen dalam waktu 3-4 bulan.