Setelah melakukan proses pembuahan, hal yang ditunggu selanjutnya tentu saja gejala Anda telah berbadan dua. Pada masa awal kehamilan, biasanya akan terjadi perubahan pada fisik maupun emosi Anda. Memang ada kemungkinan gejala yang timbul itu mengarah pada kehamilan palsu. Namun baiknya Anda konsultasi langsung pada dokter, bila 6 gejala berikut muncul bersamaan.

  • Menstruasi Anda Tak Kunjung Datang

Salah satu tanda yang sering dijadikan patokan kehamilan adalah, menstruasi yang tak kunjung datang. Normalnya, Anda akan mengalami menstruasi sekitar seminggu dalam sebulan. Jika setelah melakukan hubungan intim, jadwal menstruasi Anda di bulan berikutnya tak kunjung datang menyapa. Segera datangi apotek terdekat, untuk membeli alat tes kehamilan.

  • Hasrat Ingin Buang Air Kecil Meningkat

Pernahkah Anda mengalami frekuensi buang air kecil yang meningkat, namun Anda sama sekali tak mengonsumsi banyak cairan? Jika Anda merasakannya saat ini, bisa jadi Anda sedang hamil. Dilansir dari mayoclinic.org, saat Anda hamil maka jumlah darah dalam tubuh akan meningkat. Akibatnya, ginjal Anda memproses lebih banyak cairan dan bermuara pada kandung kemih.

  • Munculnya Flek yang Disertai dengan Keram Perut

Salah satu dari tanda tanda sperma masuk ke rahim dengan sempurna dan berhasil melakukan pembuahan adalah munculnya flek serta keram. Dilansir dari americanpregnancy.org, flek yang disertai keram ini terjadi karena proses melekatnya embrio pada rahim. Sel telur yang berhasil dibuahi, akan melekat pada lapisan rahim sekitar 10 hingga 14 hari, setelah masa pembuahan.

  • Sensitif Atas Bau Makanan dan Mengidam Makanan Tertentu

Kehamilan bisa menyebabkan Anda membenci bau dari makanan yang Anda suka. Anda mungkin juga akan menginginkan makanan yang sebelumnya tak pernah Anda konsumsi sebelumnya. Kondisi ini disebabkan karena terjadinya perubahan hormon dalam tubuh Anda. Biasanya, sensitivitas atas makanan serta mengidam ini, terjadi pada masa trimester pertama kehamilan Anda.

  • Pencernaan Anda yang Tak Lancar

Konstipasi atau pencernaan yang tak lancar merupakan gejala awal kehamilan Anda. Padahal Anda rutin mengonsumsi serat, namun masih juga mengalami konstipasi, aneh bukan? Meningkatnya hormon progesteron dalam tubuh saat hamil menyebabkan proses pencernaan makanan di usus menjadi lebih lambat. Alhasil, Anda pun akan mengalami kesulitan saat buang air besar.

  • Anda Tiba-Tiba Saja Mengalami Hidung Meler atau Tersumbat

Pada masa awal kehamilan, Anda mungkin merasakan hidung Anda merasa tersumbat atau malah mengeluarkan ingus. Padahal, Anda sama sekali tak merasa demam atau flu sebelumnya. Level hormon dan darah yang meningkat dalam tubuh saat hamil, bisa menyebabkan membran lendir pada hidung membengkak, kering, dan berdarah.

Itulah 6 gejala kehamilan yang bisa Anda alami pada masa awal kehamilan Anda. Untuk lebih lengkapnya, manfaatkan layanan konsultasi dengan dokter kandungan yang berpengalaman di orami.co.id. Anda bisa menanyakan hal apapun seputar kehamilan dengan mudah, tanpa harus dibatasi oleh waktu dan juga tempat. Selamat menikmati pelayanan dari orami.co.id ya!