Bibit ikan bandeng sekarang mulai banyak dibudidayakan di tambak. Bibit ikan bandeng membutuhkan perawatan yang tidak terlalu sulit. Bibit ikan bandeng sama seperti ikan jenis lainnya perlu diperhatikan dalam proses perawatannya hingga masa panen tiba.

Jika Anda ingin mencoba melakukan budidaya ikan bandeng maka Anda bisa melakukannya sendiri juga di rumah. Ikan bandeng bisa dibudidaya di kolam apa saja asal memiliki aliran air yang lancar. Namun, biasanya ikan bandeng dibudidaya di kolam semen yang telah dipersiapkan secara khusus.

Setelah mempersiapkan kolam yang menurut Anda tepat Anda harus rutin melakukan perawatan dan memperhatikan kondisi bibit ikan badeng tersebut. Memelihara ikan bandeng memang membutuhkan ketelitian dan ketelatenan agar hasilnya memuaskan. Meski begitu, budidaya ikan bandeng nampak masih jarang dilakukan oleh pemula meski sebenarnya prosesnya tidak terlalu sulit.

Perawatan Bibit Ikan Bandeng

Budidaya ikan bandeng kebanyakan dilakukan oleh peternak ikan yang sudah berpengalaman. Jika Anda ingin mencobanya sendiri pun bisa asal dengan perawatan yang benar. Anda memastikan dulu bibit ikan tersebut berasa dari indukan yang berkualitas. Indukan yang unggul akan menghasilkan bibit yang unggul juga.

Selain itu, pada bagian atas kolam letakkan penutup berupa jaring untuk menjaga agar ikan tidak melompat keluar. Tapi jangan tutup dengan penutup yang rapat karena bisa mengurangi asupan oksigen yang dibutuhkan ikan.

Bibit ikan bandeng membutuhkan makanan dua kali dalam sehari. Anda bisa memberi makan bibit ikan berupa pelet, tapi imbangi juga dengan makanan alami seperti cacing. Makanan alami ini bisa mengurangi resiko ikan terkena serang penyakit yang merugikan dan hasil dari daging bandeng akan lebih berkualitas. Pemberian pelet saja memang mempercepat bandeng menjadi gemuk, tapi daging ikan badeng yang diimbangi dengan makanan alami akan jauh lebih enak dan sehat.

Anda juga harus mempehatikan jamur pada tubuh ikan. Jamur bisa menyerang ikan dan menyebabkan kematian jika dibiarkan. Anda bisa mengecek jamur yang biasanya menempel pada bagian sisik ikan dan harus segera dibasmi pertumbuhannya. Salah satu cara menghindari jamur ikan adalah menjaga aliran air tetap lancar. Lihat juga udang vaname.

Itulah artikel tentang tips merawat bibit ikan bandeng yang semoga bermanfaat.