Tes Perbandingan Hard Disk Internal Kapasitas 4TB

Status Wa – Ukuran data, musik, video, dan game yang semakin besar membutuhkan kapasitas storage yang lebih besar. Lalu, bagaimana dengan performa hard disk 4 TB yang banyak muncul di pasaran Mari kita lihat bersama! S tandar kualitas video semakin lama semakin tinggi. Dahulu, video beresolusi HD 720p sudah lebih dari cukup untuk dinikmati pada monitor 17 hingga 21 inci. Saat ini, kualitas HD 720p sudah tidak dapat dinikmati pada monitor berukuran 22 hingga 42 inci. Paling tidak, dibutuhkan video beresolusi full HD 1080p untuk menikmati kualitas secara maksimal. Belum lagi, kemunculan resolusi baru (2K dan 4K) semakin meningkatkan kualitas dari sebuah video.

Teknorus – Semakin tinggi kualitas video akan berpengaruh langsung terhadap ukuran file. Jika diperhatikan, ukuran file video beresolusi full HD 1080p rata-rata memiliki ukuran 2-10 GB. Hal ini tak hanya berdampak pada video saja, tetapi juga pada game-game berkualitas tinggi yang membutuhkan kapasitas penyimpanan 10-30 GB. Tentunya hard disk berkapasitas 1 TB akan terasa sangat kurang untuk saat ini. Pada tes perbandingan kali ini, CHIP membandingkan lima buah hard disk berkapasitas 4 TB. Tidak banyak perusahaan yang memproduksi hard disk berukuran 4 TB, hanya ada tiga produsen yang merilis hard disk dengan kapasitas 4 TB, ketiganya mengirimkan produknya ke CHIP Test Center.

Western Digital mengirimkan tiga produk, masing-masing Western Digital Black, Western Digital Purple, dan Western Digital Red. Sedangkan Seagate dan Hitachi GST diwakili satu produk saja. HGST Deskstar 4 TB Hitachi Global Storage Technologies (HGST) sudah diakuisisi oleh Western Digital pada Maret 2011. Namun produk-produknya masih tetap dipertahankan dan tidak digantikan dengan seri Western Digital. Hanya ada penambahan kata-kata Western Digital Company pada bagian bawah merek HGST. HGST Desktar 4 TB sendiri adalah produk hard disk internal dengan kecepatan 7200 RPM. Kecepatan ini di atas rata-rata hard disk standar yang menggunakan kecepatan 5400 RPM.

Keunggulan utama dari HGST Desktar 4 TB adalah teknologi low power consumption yang membuatnya memiliki ketahanan yang sama seperti hard disk berkecepatan 5400 RPM, namun memiliki performa yang lebih baik. HGST Deskstar 4 TB dapat digunakan bagi kalangan konsumen dan SOHO yang menginginkan kemampuan hard disk dengan kualitas enterprise. HGST Deskstar 4 TB sebenarnya memiliki fungsi berbeda dari tiga hard disk lainnya. Selain itu, HGST Deskstar 4 TB dilengkapi dengan HGST GPT Disk Manager yang berfungsi untuk melakukan bypass limitasi hard disk 2,2 TB pada sistem operasi Windows.

Dalam hal performa, HGST Deskstar 4 TB bersaing ketat dengan Western Digital Black 4 TB karena memiliki kecepatan 7200 RPM. Bahkan pada pengujian PCMark 7, HGST Deskstar 4 TB mampu mengungguli Western Digital hingga selisih mencapai 40 poin. Selain itu, pada pengujian PCMark 7 yang menjadi standar pengujian storage CHIP, hard disk yang satu ini berhasil mendapatkan nilai sempurna dan mengungguli para peserta lainnya.