Allah SWT telah senantiasa menjamin dan menjanjikan keutamaan serta kemuliaan bagi umat muslim yang menjalankan sholat tahajud di malam hari. Adapun keutamaan yang paling utama didapatinya umat muslim adalah terangnya jalan didunia maupun diahirat.

Selain itu waktu pelaksanaan sholat tahajud ini beserta bacaan sholat yang bbenar juga dinilai sangat mustajab untuk memanjatkan segala hajad seseorang. Pasalnya sholat malam ini dikerjakan ketika banyak orang yang sedang istirahat dan terlelap tidur.

Sholat tahajud merupakan salah satu sholat malam yang dianjurkan sekali oleh Allah SWT untuk dikerjakan seluruh umat muslim. Sebab disamping beberapa kemuliaan yang didapatkan, perintah untuk melaksanakan sholat malam setiap hari sudah dijelaskan di dalam Al-Quran Surah Al Isya ayat ke 79. Mengingat hal tersebut, rugi rasanya jikalau meninggalkan sholat sunnah ini untuk sehari saja.

Waktu Pelaksanaan Sholat Tahajud

Terlepas dari keutamaan serta kemuliaan sholat malam, banyak orang yang justru keliru menentukan waktu pelaksanaan sholat tahajud. Hal tersebut tentunya sangat disayangkan sekali bukan? Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami hendak membagikan informasi seputar waktu pelaksanaan sholat tahajud yang sesuai dengan anjuran Allah SWT.

Biasanya waktu pelaksanaan sholat tahajud akan dilaksanakan pada malam hari setelah sholat Isya hingga sebelum waktunya sholat subuh tiba. Adapun waktu pelaksanaan sholat tahajud pada sepertiga malam pertama ini akan jatuh pada pukul 19.00 hingga 22.000.

Sedangkan untuk waktu pelaksanaan sholat malam pada sepertiga malam kedua umumnya akan dimulai pada pukul 22.000 hingga 01.00 dini hari. Selain tersebut diatas, Anda juga bisa mengerjakannya pada waktu sepertiga malam terakhir yang jatuh pada pukul 01.00 hingga sebelum subuh. Nah diantara ketiga waktu mustajab sholat malam ini, waktu sepertiga malam terakhirlah yang sangat dianjutkan untuk mengerjakannya.

Perlu Anda ketahui bahwasaannya, sebelum melaksanakan tata cara sholat tahajud hendaknya Anda sudah tidur terlebih dahulu, meskipun hanya sebentar. Sebab sholat malam ini hanya boleh dikerjakan ketika seseorang sudah tidur.

Demikianlah ulasan terkait waktu pelaksanaan sholat tahajud yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini dan semoga bermanfaat.