Q Acoustics 3020 – Permata Mungil Andalan Q

Akusewa – Keberhasilan merek Q Acoustics sangat mengagumkan. Pabrikan ini berawal pada 2006 dan sejak pertama telah memproduksi speaker berharga terjangkau yang memimpin kelasnya. Dan mereka selalu berhasil. Penampilan tak asing Seri ini mencakup dua standmounter, satu floorstander, centre, dan subwoofer, tapi 3020 yang kami uji ini model standmounter yang lebih besar. Banyak pengalaman soal desain dari produk Concept yang harganya premium diaplikasikan di sini. Pengaplikasian ini paling terlihat pada kabinetnya. Meski harganya membuat konstruksi berlapis pada Concept tidak bisa digunakan, Q Acoustics masih tetap memproduksi speaker yang dirancang dengan baik.

Struktur kuat Kabinet 3020 didominasi dengan materi panel MDF 15 mm, tapi dengan pelat atas 30 mm berlapis ganda dan baffle depan 24 mm yang berlapis sama. Struktur ini kemudian dikencangkan pada tempat-tempat tertentu untuk mengendalikan resonansi dan membantu kekuatan struktur. Terminal speaker yang tersembunyi di bawah panel dasar pada seri 2000 dipindahkan ke posisi yang lebih konvensional di belakang. Keputusan ini tidak hanya membuat terminal lebih mudah diakses, tapi juga memperbaiki kekuatan struktur. Selain itu, ketebalan kabinet juga dikurangi secara signifikan dari 2020i, tapi tanpa menghilangkan banyak volume internal. Tinggi dan panjangnya masih tetap sama.

3020 hanya dapat single wire, penataan biwire dihilangkan pada 2020i. Meski langkah ini terlihat sebagai kemunduran, di kelas pasar ini akan jauh lebih baik menggunakan satu kabel bagus daripada dua rangkaian alternatif yang lebih rendah kualitasnya. Perhatian pada detail Speaker-speaker ini tersedia dalam lima warna. Matt Graphite dan American walnut menjadi opsi standar, juga opsi warna putih atau hitam mengila, atau kulit yang menarik. Materi cone unit midbass 12,5 cm telah diganti dari kombinasi kertasmika ke cone dengan materi kombinasi antara kertas dan serat aramid, yang lebih umum dikenal sebagai Kevlar.

Materi ini memperkuat cone kertas dan membuat karakternya seperti yang dikatakan Q Acoustics sebagai ‘tonalitas lebih alami’. Tweeter 25 mm barunya unik. Tweeter ini menggunakan diafragma yang bertujuan untuk memadukan kualitas terbaik dari desain radiator cincin dan dome. Tujuannya untuk mengantarkan nada tinggi dengan distorsi rendah dan dispersi luas. Sistem motor tweeter menggunakan magnet ferit ganda, dan keseluruhan rakitan dilepaskan dari struktur kabinet utama oleh karet butil. Idenya adalah untuk mengisolasinya dari vibrasi kabinet dan menghasilkan suara yang lebih murni.

Unit-unit drive ini tersambung dengan crossover baru yang memiliki komponen berkelas lebih tinggi daripada yang dijumpai pada seri 2000, yang didesain dengan maksud untuk merendahkan distorsi dan meminimalkan masalah fase pada frekuensi crossover. Speaker-speaker ini cocok dipasangkan dengan sistem mikro mungil seperti Denon DM39 maupun set-up unit-unit hi-fi khusus. Speaker ini mestinya relatif mudah mengendalikan dan memaklumi secara sonik, dan nyatanya memang demikian. Setelah bertahun-tahun, Q Acoustics telah mengembangkan karakter sonik tertentu, yang halus dan lembut, tapi dengan kekuatan dinamika dan kendali ritme memadai untuk memuaskan pendengarnya. Itulah 3020.