Memilih Model Lengan Baju untuk Desain Busana | Melanjutkan dari artikel sebelumnya, yang membahas tentang menggambar proporsi tubuh serta menggambar kerah baju. Langkah berikutnya adalah memilih bentuk lengan baju yang sesuai keinginan si perancang baju atau busana. Ada banyak bentuk varian lengan baju yang bisa dipilih dan dikombinasikan dengan bentuk kerah baju yang sesuai digambar (sudah dirancang).

Lengan lonceng atau Bell Sleeve
Model lengan baju ini adalah lengan yang mengembang pada bagian bentuk mansetnya. Pada bagian manset, dibuat benar-benar lepas dengan ukuran lebih besar dari ukuran pangkalnya. Variasi panjang lengan juga menyesuaikan selera yang diinginkan. Lengan lonceng disebut juga lengan gober, lengan terompet atau lengan cerobong. Baca artikel bordir logo berikut ini

Memilih Model Lengan Baju untuk Desain Busana
Memilih Model Lengan Baju untuk Desain Busana

Lengan Raglan
Lengan raglan adalah bentuk lengan yang menyatu menjadi satu dengan sebagian badan atas. Pola lengan dipotong dari sebagian kerung leher bagian depan dan belakang, Lengan raglan biasa digunakan untuk baju casual seperti kaso dan baju olahraga. Banyak sekali jenis model lengan yang bisa diaplikasikan untuk merancang sebuah desain baju.

Lengan draperi
Model lengan baju ini, dipotong diatas bahan serong sehingga membentuk sebuah lipatan-lipatan yang jatuh dengan sendirinya. Model lengan ini bagus jika digunakan untuk desain busana pengantin.

Lengan Tulip
Model lengan baju ini dibuat dengan garis kampuh yang bertumpuk di bagian luar. Bentuknya menyerupai kelopak bunga tulip. Bagian atas sengaja dibuat sedikit ada kerutan, supaya terlihat tampak lebih menggembung. Pemakaian baju dengan lengan tulip akan menonjolkan sebuah kesan vintage pada busana. Kunjungi konveksi jaket berikut ini

Lengan Dolman
Model Lengan ini memiliki bentuk yang menyerupai lengan kelelawar atau batwing. Bagian atas dibuat longgar dan lebar serta pada bagian mansetnya terlihat menyempit. Lebar kerung lengan memiliki ukuran 10 cm sampai dengan 12 cm dibawah ketiak.