Menyediakan pakan ikan murah merupakan suatu unsur penting yang tidak dapat dipisahkan dengan proses pembudidayaan ikan. Selain mempengaruhi tumbuh kembang ikan tentunya pakan juga dapat menjadi faktor utama panen yang maksimal sesuai dengan harapan.

Tak terpungkiri memang semua pembudidaya ikan mengharapkan penggunaan pakan lele atau ikan lain yang efektif dan efisien namun mampu mendapatkan hasil panen yang memuaskan. Maka dari itu tak heran jikalau banyak pembudidaya yang memanfaatkan tips membuat pakan ikan murah dengan ampas tahu sebagai alaternatif makanan.

Lalu bagaimanakah cara membuat pakan ikan murah dari ampas tahu yang efektif dan efisien untuk menunjang tumbuh kembang ikan yang dibudidayakan? Berikut adalah penjelasan selengkapnya untuk Anda.

Kiat Sukses Membuat Pakan Ikan Murah Dari Ampas Tahu

Tahukah Anda ternyata bahan yang sebagian besar dianggap sebagai limbah ini mampu disulap menjadi alternatif makanan yang menyehatkan bagi tumbuh kembang ikan. Pasalnya ampas tahu memiliki kandungan nutrisi berupa lemak kasar, abu, serat, protein, dan beberapa vitamin lainnya yang dipercaya mampu menjadi penyuplai alami untuk menciptakan hasil panen yang sempurna.

Lalu bagaimanakah trik membuat pakan ikan murah dari ampas tahu yang baik dan benar? Inilah ulasannya untk Anda.

  1. Pertama-tama siapkan alat dan bahan berupa ember, dedak halus, ampas tahu, tepung jagung, tepung Maggot BSF, suplemen vitamin, larutan prebiotik, serta air secukupnya.
  2. Cara membuat akan ikan murah dari ampas tahu selanjutnya adalah dengan mencampur seluruh bahan yang telah disiapkan kedalam wadah yang telah disiapkan sebelumnya. Aduk hingga seluruh komposisi tercampur merata.
  3. Setelah merata, pindah adonan ke wadah lain untuk selanjutnya dilakukan proses fermentasi selama kurang lebih 1 minggu.
  4. Kemudian cetak pakan sesuai dengan ukuran yang diharapkan supaya mudah untuk dikonsumi oleh ikan.
  5. Sebelum dikukus, keringkan terlebih dahulu pakan buatan ini dibawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Selanjutnya kukus dan pakan ikan siap untuk diberikan.

Itulah tips membuat pakan ikan murah dari ampas tahu yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini dan semoga artikel ini bermanfaat bagi seluruh pembaca yang budiman.